Submit Publikasi ilmiah (Jurnal, Conference dan Buku)

Submit Publikasi ilmiah (Jurnal, Conference dan Buku)
November 4, 2020 No Comments Uncategorized Ade R
Pictute : Google.com/Nov.5, 2020

Belajar dari Hibah RistekBrin tahun 2020 ini, kita bisa mengambil kesimpulan dan pembelajaran bahwa RistekBrin setiap tahunnya akan memberikan requirement yang tinggi bagi para Dosen/Peneliti untuk dapat mengajukan publikasi dalam program hibah Penelitian dan pengabdian Pada masyarakat.

Tahun 2020 ini, awalnya tidak ada informasi pembukaan Hibah Eksternal dari RistekBrin dimana pengumuman pembukaan hibah Dikti biasanya jauh diinfokan lebih awal dikisaran bulan juli sampai Agustus, tetapi pembukaan Hibah Dikti tahun 2020 ini (red: dikarenakan kasus pandemi covid-19 yang masih tinggi di Indonesia), maka informasinya diinfokan tidak ada, tetapi pada bulan Oktober 2020 kemarin, diinformasikan bahwa ada pembukaan hibah RistekBrin dari tanggal 15 sampai tanggal 29 Oktober 2020 (tanpa perpanjangan waktu).

Dari kacamata penulis, Ristekbrin tahun ini membeikan prasyarat yang cukup tinggi. untuk skema hibah penelitan dasar (PD) terdapat syarat yaitu Dosen S3 dengan minimum jabatan akademik adalah Asisten Ahli atau Lektor, dengan catatan Lektor tersebut harus memiliki dua paper yang sudah dipublikasikan dan terindeks database bereputasi seperti Scopus, IEEE, WOS, dan atau publikasi di Jurnal Sinta 1 atau Sinta 2, dan atau menulis tiga buku yang diterbitkan oleh penerbit anggota IKAPI atau setara dengan Book Chapter.

Hibah pada skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) lebih simple dimana Ketua pengusul adalah dosen maksimum dengan jabatan akademik Asisten ahli atau dosen ber-NIDN dan belum memiliki jabatan akademik (tenaga pengajar).

Dari perbandingan dua skema hibah diatas dapat disimpulkan, untuk Hibah Penelitan dasar (PD), Penelitian Terapan(PT) memerlukan prasyarat yang cukup tinggi untuk yang masih berada di jenjang Magister atau S2 dan jabatan akademik Lektor ditambah memiliki Hak kekayaan Intelektual diluar hak cipta penulisan buku.

Apa yang harus dilakukan oleh para Dosen? jawaban yang paling dasar adalah mulai menulis dan mempublikasikannya di Jurnal ilmiah. untuk para Dosen baru dapat mempublikasikan hasil penelitannya pada event Seminar Nasional atau Jurnal ber-ISSN (belum terakreditasi) atau pun bisa apply di Jurnal Sinta 6 sampai Sinta 4. Untuk Dosen yang sudah memiliki Jabatan Akademi Asisten Ahli disarankan untuk publikasi pada Jurnal Sinta 3 sampai Sinta 2, untuk Dosen dengan jabatan Akademi Lektor sangat dianjurkan untuk menulis dan publikasi di Intenational Indexed Coneference sehingga nanti ketika paper tersebut sudah dipublish dapat terindeks di Database bereputasi seperti Scopus, IEEE atau Word of Science (WOS).

Para Dosen pun sangat disarankan untuk mengimplementasikannya dalam bentuk tulisan Buku baik buku Ajar/Teks, buku Monograps yang diterbitkan oleh Penerbit anggota IKAPI. Dengan banyaknya Dosen yang sudah bergelar Doktor (S3) atau masih S2 dengan jabatan Lektor atau Lektor Kepala (yang memiliki publikasi di database bereputasi atau publikasi di Jurnal Sinta 2 dan Sinta 1 atau menulis tiga buku lebih dan diterbitkan oleh penerbit anggota IKAPI atau setara Book Chapter) maka bisa disimpulkan untuk Perguruan Tinggi Level Binaan saja dapat mengajukan hibah penelitian minimum di delapan (8) skema penelitian, dan dapat mengajukan minimum 8 skema untuk skema hibah pengabdian pada masyarakat, jadi jangan tunggu lagi..ayo menulis dan publikasi ilmiah :).

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *