Webinar Series #1 “Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SMK/SMA se Jakarta”

Webinar Series #1 “Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SMK/SMA se Jakarta”
June 4, 2020 No Comments Uncategorized Ade R

Hari ini kamis, 4 juni 2020 adalah awal diselenggarakannya “Webinar Series bagi Guru SMK/SMU se Jakarta”. Acara ini direncanakan berlangsung selama empat pekan. Dalam sambutan pembukaanya Dr. Agus Komarudin selaku Kasudin Jakarta Barat sangat antusias dan mengapresiasi kepada Akademi Telkom Jakarta yang telah bersedia menjadi fasilitator dalam memberikan keilmuan bagi para Guru yang begitu antuasias dan bukan hanya dari para Guru SMK/SMA tetapi para Guru MTS dari wilayah Jakarta juga hadir (Jakarta pusat, Jakarta selatan). Begitu pun dengan Pak Amin Fatukhraman M.Si. memberikan pernyataan senada, bahwa para Guru begitu antusias sampai pendaftar dalam 2 hari mencari 324 peserta workshop. Pak Dr. Agus dan Pak Amin mengapresiasi kepada pihak Akademi Telkom dan Narasumber yang bersedia utnuk berbagi ilmu, dimana para Guru di jakarta tergabung dalam komuntias ‘Berguru’.

Dr. Eng. Indra Chandra Direktur Akademi Telkom Jakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa Akademi Telkom Jakarta sudah mengimplementasikan Blended Learning, sehingga dapat diimplementasikan terlebih di saat pandemy Covid-19 ini, tetapi menurut beliau, memang terdapat kendala infrastruktur seperti jaringan telekomunikasi terutama para mahasiswa yang pulang ke kampung halamannya cukup kesulitan dalam mengakses internet untuk pembelajaran online tersebut. Lebih lanjut Pak Direktur menyampaikan Akademi Telkom siap membantu dalam Abdimas untuk para Guru di Jakarta atau pun di provinsi lainnya.

Dalam paparan sebagai Narasumber pertama Ade Rahmat Iskandar, M.T. yang merupakan Dosen Tetap Akademi Telkom dan Penulis Buku-buku Ilmu Komputer menyampaikan materi “Introduction to ICT at a Glance”. Narasumber memaparkan snapshot mengenai ICT dari sisi Software Development, dan penjelasan secara sistematis dari mulai Gmail (elektronik mail dari Google), pembuatan Free Blog dengan blogspot, pembuatan contoh konten digital Narasumber via Zoom dan hasilnya dikonvert dengan Software converter sampai publish di Chanel Narasumber yang sudah membuat 7 video digital interactive selama masa work from home (WFH), yang selanjutnya di share di Learning Management System (LMS) milik Narasumber tersebut di kelas dengan Google Classroom dan edmodo, dan dipublikasikan dan di share di sosial media Facebook. Belaiau menyampaikan. Sebagai closing beliau menyampaikan 7 Tips Sukses dalam pembuatan Mulitmedia bagi para Guru. Setelah paparan, alhamdulilah banyak para peserta yang insight dan bertanya kepada narasumber yang lansung dijawab oleh narasumber pertama tersebut dan sebagian pertanyaan dijawab via chat group. Pada paparan kedua Pk Dr. H.M. Soleh Hapudin, M.Si. yang merupakan Dosen Senior di Akademi Telkom Jakarta dan penulis Buku-buku karakter dan Manajemen Pendidikan memaparkan Pembelajaran di Era Industry 4.0.  dilanjutkan oleh Pak Rahmadi, M.Ak. yang menyampaikan materi Bandicam, dimana cara pembuatan video pembelajaran menggunakan Bandicam dekstop sehingga dapat mengurangi penggunaan kuota internet. Banyak penanya yang via chat group dan keterbatasan waktu, sehingga pada akhir sesion para Narasumber menjawab pertanyaan dari para peserta via email. Semoga bermanfaat Bapak/Ibu Guru dari sedikit ilmu yang kami sharing dalam webinar pertama ini J.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *