Closing Webinar Pembelajaran Digital Batch-1

Closing Webinar Pembelajaran Digital Batch-1
July 19, 2020 No Comments Uncategorized Ade R

Tanggal 25 juni 2020 merupakan pertemuan ke-4 atau pertemuan terakhir dalam weibar series yang diselenggarakan oleh Akdemi Telkom Jakarta bekerjasama dengan Sudin DKI Jakarta. Dalam sambutannya Dr. Agus Komarudin selaku Kasudin Jakarta Barat sangat antusias dan mengapresiasi kepada Akademi Telkom Jakarta yang telah bersedia menjadi fasilitator dalam memberikan keilmuan bagi para Guru yang begitu antuasias dan bukan hanya dari para Guru SMK/SMA tetapi para Guru MTS dari wilayah Jakarta juga hadir (dari Jakarta pusat, Jakarta selatan). Begitu pun dengan Pak Amin Fatukhraman M.Si. memberikan pernyataan senada, bahwa para Guru begitu antusias sampai pendaftar dalam 2 hari mencari 324 peserta workshop. Pak Dr. Agus dan Pak Amin mengapresiasi kepada pihak Akademi Telkom dan Narasumber yang bersedia utnuk berbagi ilmu, dimana para Guru di jakarta tergabung dalam komuntias ‘Berguru’.

Dalam paparan sebagai Narasumber pertama Ade Rahmat Iskandar, M.T. yang merupakan Dosen Tetap Akademi Telkom dan Penulis Buku-buku Ilmu Komputer menyampaikan materi “Introduction to ICT at a Glance”. Narasumber memaparkan snapshot mengenai ICT dari sisi Software Development, dan penjelasan secara sistematis dari mulai Gmail (elektronik mail dari Google), pembuatan Free Blog dengan blogspot, pembuatan contoh konten digital Narasumber via Zoom dan hasilnya dikonvert dengan Software converter sampai publish di Chanel Narasumber yang sudah membuat 7 video digital interactive selama masa work from home (WFH), yang selanjutnya di share di Learning Management System (LMS) milik Narasumber tersebut di kelas dengan Google Classroom dan edmodo, dan dipublikasikan dan di share di sosial media Facebook.

Pada paparan kedua Dr. H.M. Soleh Hapudin, M.Si. yang merupakan Dosen Senior di Akademi Telkom Jakarta dan penulis Buku-buku karakter dan Manajemen Pendidikan memaparkan Pembelajaran di Era Industry 4.0, dilanjutkan oleh Pak Rahmadi, M.Ak. yang menyampaikan materi Bandicam, dimana cara pembuatan video pembelajaran menggunakan Bandicam dekstop sehingga dapat mengurangi penggunaan kuota internet. 

Pembahasan mengenai manajemen kelas dengan edmodo disampaikan oleh Bu Ade Nurhayati, M.T. dari mulai pembuatan akun edmodo, ivite anggota kelas, cara pembuatan soal-soal ujian sampai dengan pembuata soal yang bersifat ilmu eksakta seperti matematika pun diajarkan. Bahsan eklplorasi edmodo disampaikan juga oleh Pak Suyatno, M.T. dengan pembuatan kelas di kelas Berguru, dimana pltaform ini digunakan sebagai pengumpulan tugas akhir oleh para guru yang mengikuti webianr untuk batch1 yang diikuti oleh 77 orang peserta. Penyampaian materi oleh Pak Maimun, M.T. menjelaskan eksplorasi pembagungan Learning Management System (LMS) menggunakan Moodle dengan mengambil studi kasus e-Learning Akademi Telkom yang sudah dijalankan dalam pembelajaran dengan konsep blended larning. Semoga dengan Webinar batch1 ini para Guru mendapatkan manfaat untuk dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran alternatif di masa pandemi covid-19 ini. Tetap semangat keep healty and teaching

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *